SEMINAR NASIONAL Best Practice Proses Adaptasi Teknologi Informasi ke dalam Kurikulum Akuntansi

SEMINAR NASIONAL

Best Practice Proses Adaptasi Teknologi Informasi ke dalam Kurikulum Akuntansi

Registrasi Online: klik di sini

R1 4.0 bersifat sangat disruptif, mempengaruhi inti kehidupan manusia sampai pada tingkatan yang paling pribadi (private). Pada proses bisnis, daya disruptif RI 4.0 menciptakan pergeseran ekspektasi customers, peningkatan kualitas produk berbasis data, betuk kerjasama yang sama sekali baru, dan digitalisasi model opersional. Pada praktik akuntansi, kegiatan klerikal dalam akuntansi sudah pasti akan tergantikan oleh piranti RI 4.0, misalnya internet of things dan/atau artificial intelegence. Bila proses bisnis berlangsung secara digital maka akuntansi yang bersifat manual tidak fit lagi.

Efek disruptif RI 4.0 pada bisnis dan akuntansi seharusnya menciptakan kesadaran bahwa perguruan tinggi (penyedia jasa pendidikan akuntansi) harus membekali lulusannya dengan ilmu dan pengetahuan akuntansi yang mengadaptasi perkembangan revolusi industri. Jika tidak, maka probabilitas lulusannya tidak terserap oleh pasar tenaga kerja akan cenderung meningkat dan menambah tingkat pengangguran nasional.

Untuk itu, para praktisi pendidikan akuntansi harus mengetahui dan memahami RI 4.0. Selanjutnya mereka harus dapat mengadaptasikan RI 4.0 ke dalam kurikulum dan proses pendidikan Jurusan Akuntansi.

Pembicara:

  1. Isnaeni Achdiat, M.Ak., CISA, CISM, CGEIT.
    Managing Partner Ernst & Young Indonesia.
    Pakar di bidang Akuntansi.
    Menguasai RI 4.0.
    Pakat Teknologi Informasi.
    Topik:
    Akuntansi dan RI 4.0: Meningkatkan awareness di kalangan akademisi untuk mengembangan kurikulum yang up to date.
  2. Agung Nugroho Soedibyo, SE., M.Ak.
    Senior Partner RSM Indonesia.
    Pakar di bidang Akuntansi.
    Menguasai Perkembangan Kurikulum Pnedidikan Akuntansi/ Auditing.
    Pakar Pemanfaatan Big Data dan Artificial Intelegence.
    Topik:
    Internalisasi Big Data dan Artificial Intelligence pada kurikulum matakuliah core akuntansi.
  3. Yeney Widya P., DBA., Ak., CA.
    Sekertaris Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
    Praktisi Proses Pembelajaran Student Centered Learning.
    Topik:
    Student Centered Learning: Terobosan proses pembelajaran di era RI 4.0.
  4. Dr. Syaiful Iqbal, Ak., CA., CPMA.
    Ketua Lab. Akuntansi dan Perpajakan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
    Praktisi Proses Internalisasi Teknologi Informasi Dalam Kurikulum Akuntansi.
    Topik:
    Pemanfaatan laboratorium akuntansi dalam menginternalisasi perkembangan RI 4.0.

Waktu:
Rabu-Kamis, 4-5 September 2019

Tempat:
Ruang Auditorium,
Gedung F (Pasca sarjana) Lantai 7
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.
Jl. Veteran, Malang

Nara Hubung:
iik (wa 081369398712, call 081239086141)

Fasilitas:

  • Seminar Kit
  • Makan Siang
  • Coffee Break
  • Sertifikat

Rundown Acara:

Rabu, 4 September 2019
1 08.00-09.00 Registrasi
09.00-09.30 Pembukaan oleh Dekan dan Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
09.30-10.00 Coffee Break
2 10.00-12.00 Akuntansi dan RI 4.0: Meningkatkan awareness di kalangan akademisi untuk mengembangan kurikulum yang up to date. (Isnaeni Achdiat)
3 12.00–13.00 Istirahat siang dan sholat Dhuhur
4 13.00-15.00 Student Centered Learning: Terobosan proses pembelajaran di era RI 4.0. (Yeney Widya P.)
15.00–15.30 Wrap up
Kamis, 5 September 2019
5 08.00-09.00 Registrasi
09.00-10.00 Big Data, Artificial Intelligence dan Akuntansi
10.00-10.30 Coffee Break
6 10.30–12.00 Internalisasi Big Data dan Artificial Intelligence pada kurikulum matakuliah core akuntansi. (Agung Nugroho Soedibyo)
7 12.00–13.00 Istirahat siang dan sholat Dhuhur
8 13.00-15.00 Pemanfaatan laboratorium akuntansi dalam menginternalisasi perkembangan RI 4.0. (Syaiful Iqbal)
9 15.30-16.00 Wrap up dan penutupan

Leave a Reply