Program Magister Akuntansi

Pengembangan kurikulum MPIA JAFEB UB didasarkan pada landasan filosofis yang merupakan kesepakatan bersama. Landasan filosofis tersebut dirumuskan berdasarkan landasan filosofis pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pendidikan nasional mempunyai fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang unggul dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia. , peduli terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu landasan filosofis yang digunakan dalam pengembangan kurikulum di JAFEB UB adalah Kesadaran Ketuhanan, Kesadaran Kemanusiaan, dan Kesadaran Lingkungan.

Pengembangan kurikulum MPIA JAFEB UB juga didasarkan pada landasan sosiologis. Pendidikan merupakan suatu proses sosialisasi melalui interaksi untuk menuju manusia yang berbudaya. Harapannya, yayasan ini dapat dijadikan landasan dalam mendidik siswa sesuai dengan nilai-nilai budaya, serta dapat hidup berintegrasi dengan warga masyarakat lainnya dengan sebaik-baiknya. Kurikulum yang dikembangkan oleh MPIA JAFEB UB didasarkan pada nilai-nilai sosial dan budaya yang disepakati bersama. Nilai-nilai sosial budaya yang digunakan MPIA JAFEB UB dalam pengembangan kurikulum adalah Jujur, Amanah, Penyayang, Tulus, Progresif, Adil, Partisipatif, Responsif, Empati, Andal, dan Kekeluargaan.

Landasan Psikologi dijadikan sebagai dasar pengembangan kurikulum, sehingga kurikulum mampu secara terus menerus mendorong rasa ingin tahu siswa dan dapat memotivasi pembelajaran sepanjang hayat. Kurikulum yang disusun diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk menciptakan harapan (Hope), menginspirasi, memberdayakan, mencerahkan, dan bersikap bijaksana dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Profil lulusan MPIA diharapkan menjadi manajer, konsultan, peneliti madya, dan pendidik di bidang akuntansi dengan pola pikir holistik, dan rasional etis, dalam konteks kontemporer yang menginternalisasikan karakter multiparadigma akuntansi modern secara teoritis dan empiris serta memiliki karakter mempunyai potensi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Deskripsi profil lulusan diilustrasikan sebagai berikut:
Picture2

Tujuan Program Magister Akuntansi, peneliti madya, dan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi praktis dan penelitian khusus di bidang akuntansi berdasarkan kesadaran global, jiwa kewirausahaan, kesadaran etika, tanggung jawab sosial, dan berpikir kritis dan integratif dengan kompetensi sebagai berikut:

  1. PEO 1 : Mengembangkan teori akuntansi melalui penelitian dengan perspektif multiparadigma, dan menerapkannya dalam pengambilan keputusan akuntansi dengan menggunakan strategi inter-multidisiplin
  2. PEO 2 : Memiliki komitmen yang kuat untuk mendalami teori dan penelitian akuntansi, serta berkembang secara mandiri, kritis dan inovatif dalam lingkungan global yang dinamis
  3. PEO 3 : Menunjukkan sikap tanggung jawab, etika, kepedulian terhadap lingkungan sosial, jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan dalam tim

Hubungan antara PEO dan ILO adalah sebagai berikut:

ILO PEO 1 PEO 2 PEO 3
ILO 1 Capable of developing  theory in the field of accounting and its specialization through the management of research results from both a multi-paradigm perspective and the latest developments based on an inter-multidisciplinary strategy V
ILO 2 Capable of developing  research methods and manage research in the fields of accounting and business and publish it in reputable national/international journals V
ILO 3 Capable of compiling  ideas, thoughts, and theory-based arguments based on academic ethics and communicate them to the public as a form of decision making v
ILO 4 Capable of cooperating  and have social sensitivity and concern for society and the environment v
ILO 5 Capable of initiating  responsibility for work in their field of expertise independently in applying ethical principles v

ILO MAPPING AND STUDY PROGRAMME COURSES

Type Course Name ILO-1 ILO-2 ILO-3 ILO-4 ILO-5
E Statistics and Multivariate V V V V
E Advanced and Digital Management Accounting V V V V
E Forensic Accounting V V V V
E Contemporary Financial Accounting V V V V
E Current Issues in Taxation V V V V
E Financial Accounting and Capital Market V V V V
E Fiqh Muamalah V V V V
E Islamic economics V V V V
M Multiparadigm Accounting V V V V
M Positive Research Methodology V V V V
M Non-Positive Research Methodology V V V V
M Advanced Management Accounting V V V V
M Auditing and Assurance V V V V
M Information Systems and Technology V V V V
M Financial Accounting Theory V V V V
M Professional Ethics and Corporate Governance V V V V
M Thesis V V V
S Public Sector Audit V V V V
S Sustinability and Integrated Reporting V V V V
S Management information System V V V V
S Accounting information system V V V V
S Strategic Management Accounting V V V V
S Behavioral Accounting V V V V
S Market Based Accounting Research V V V V
S Public Sector Accounting and Management V V V V
S Sharia Accounting Theory V V V V
S Sharia Business and Financial Management V V V V
S International Tax V V V V
S Accounting and Tax Planning V V V V

Penyelenggaraan pendidikan di MPIA merupakan jalur akademik dan diuraikan dalam beberapa kelompok mata pelajaran yang akan diambil selama maksimal 4 tahun (8 semester). Kurikulum MPIA terdiri dari 3 kelompok mata kuliah, yaitu kelompok mata kuliah wajib peminatan, kelompok mata kuliah wajib peminatan, dan kelompok mata kuliah pilihan. Mata kuliah peminatan wajib terdiri dari minat Akuntansi Keuangan, minat Akuntansi Sektor Publik, minat Akuntansi Keuangan Syariah, minat Akuntansi Perpajakan, minat Akuntansi Manajemen, dan minat Sistem Informasi Akuntansi. Perkuliahan dirancang per semester, dimana pada semester I mahasiswa mengambil 4 mata kuliah wajib program, semester II mengambil 4 mata kuliah wajib, dan semester III masing-masing mengambil 2 mata kuliah wajib peminatan dan 2 mata kuliah pilihan serta semester IV mengambil skripsi.

Distribution of MPIA Subject Group Study Loads

Lectures Specialist

 

Credit load Lectures
Programme  Compulsory Courses 24 credits Semester 1, 2
Compulsory Specialization Courses 6 credits Semester 2
Elective courses 6 credits Semester 2
Thesis 9 credits 3rd semester
Total credits 45 credits  

Menurut kurikulum, MPIA meliputi kelompok mata kuliah wajib (33 sks), kelompok mata kuliah wajib peminatan (6 sks) dan kelompok mata kuliah pilihan (6 sks). Peta jalan mata kuliah berdasarkan kelompok mata pelajaran sebagai berikut:

Roadmap of MPIA Courses

Picture3

Penilaian dalam MPIA meliputi soal keikutsertaan (presentasi), ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan tugas. Sistem penilaian setiap butir soal merupakan bagian dari kurikulum pada Pedoman Akademik Program Magister dan Doktor dimana proses penilaiannya meliputi 2 tahap. Pertama, proporsi CLO yang disesuaikan dengan tingkat keeratan/keterikatan antara CLO dengan butir penilaian serta proporsi setiap mata kuliah yang tentunya akan berbeda sejalan dengan aspek kognitif (Pengetahuan dan Keahlian Khusus), Umum Keterampilan, dan Sikap. Kedua, proporsi CLO terhadap ILO didasarkan pada tingkat kedekatan CLO dengan ILO. Tingkat kedekatan/keterikatan terdiri dari tinggi (konversi angka 3), sedang (konversi angka 2) dan rendah (konversi angka 1). Skor dihitung dengan rumus: tingkat kedekatan/keterikatan (konversi angka): dengan total CLO. Standar pencapaian ILO dan CLO adalah sebagai berikut:

Range Score Criteria
80<= Score Excellent
65<= Score <80 Satisfactory
50<= Score <65 developing
0< Score <50 Unsatisfactory

Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa MPIA JAFEB UB yang disusun dengan cara dan format sesuai ketentuan yang berlaku, dan penyusunannya berada di bawah pengawasan dan bimbingan Komisi Pembimbing. Tahapan pelaksanaan skripsi adalah Komisi Proposal, ujian proposal skripsi, ujian seminar hasil penelitian (desain skripsi), dan ujian skripsi. Bobot penilaian skripsi meliputi nilai ujian proposal penelitian, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan ujian akhir tesis. Nilai akhir skripsi merupakan nilai gabungan antara nilai ujian skripsi dengan nilai lain yang diperoleh mahasiswa pada saat melakukan kegiatan penulisan skripsi sebelum melaksanakan ujian skripsi. Penilaian setiap komponen Nilai Kelulusan Tesis menggunakan nilai numerik (dengan rentang 0 sampai dengan 100) yang kemudian diubah menjadi Nilai Setara Angka, Huruf Mutu dan Angka Mutu yang berlaku di UB dan semuanya mengikuti pedoman seperti pada penilaian kelulusan mata kuliah. Nilai akhir minimal untuk lulus skripsi adalah 3,00 (B). Rubrik penilaian tesis mencakup beberapa aspek, antara lain: Kualitas Tesis (25%), Elemen Kritis (25%), Kontribusi (20%), Struktur, Bahasa & Konvensi (15%) dan Pertahanan Tesis atau Presentasi Lisan (15%) sebagai diilustrasikan sebagai berikut:

Weight Criteria Outstanding Satisfactory Fair Poor
> 81 71-80 55-70 < 55
25% Quality of Thesis All aspects & components of the topics were addressed and researched in great profundity within the thesis. Student will be able to further extend. Majority aspects & components of the topics were addressed and researched in great profundity within the thesis. Provides opportunities for additional and fruitful research. Majority aspects & key components of the topics were addressed and researched adequately within the thesis. Extension possible but more extensive work may be required. Several key aspects and components were addressed inadequately and less researched. Further research possibility is minor due to its very limitations.
25% Critical Elements The thesis exhibits incredible profundity of investigation, assessment and translation. It illustrates a profound and wide understanding of the issues raised within the question. The thesis exhibits the prove of analysis, assessment and interpretation. It illustrates a profound understanding of the subject matter and context. The thesis exhibits acceptable levels of analytical competence and logical precision. The thesis exhibits basic understanding of the situation and unable to demonstrate acceptable analysis.
20% Contribution Original and creative. Several important contributions. Very original work. At least one important contribution. Introduces new methodology or techniques to the field. Demonstrates originality. In total, it provides some contributions but contains no single important/major contribution. Requires further extensive work to stretch and find the contribution. Thesis is more likely considered as structured assignment rather than research publication.
15% Structure, Language & Conventions All aspects of the writing conform to a high academic or professional standard. No revision or changes, acceptable as it is. Majority aspects of the writing conform to a high academic or professional standard. Very few changes or additions are required for the revision. Majority aspects of the writing conform to an acceptable academic or professional standard. Some normal changes are necessary for the revision. Majority aspects of the writing is presented with basic/non-academic structure. Major revisions required.
15% Thesis Defense(Oral Presentation) Professional and well-organized presentation. Outstanding slides and handouts. All questions and feedbacks are addressed in a knowledgeable and respectful manner. Well thought-out and well-prepared presentation. Decent slides and handouts. Most of the questions and feedbacks are addressed in a knowledgeable and respectful manner. Acceptable and understandable presentation despite it is not well-organized. Some slides and handouts are difficult to understand with several typos and errors. Able to answer questions and feedback despite having difficulty with several questions. Poorly-organized presentation with many unclear points. Poor quality slides and handouts provided. Unable to answer and respond to a number of questions. Not good enough.

Seorang mahasiswa dinyatakan lulus MPIA dan berhak memperoleh gelar magister apabila:

  1. Menyelesaikan kuliah dengan jumlah SKS yang diambil paling sedikit sesuai dengan ketentuan masing-masing program studi.
  2. Pencapaian nilai minimal seluruh mata kuliah adalah B.
  3. Menyelesaikan perkuliahan, skripsi, dan tugas akademik lainnya dengan IPK >3,0 selama masa studi
  4. Lulus ujian skripsi dan telah merevisi ujian skripsi dalam jangka waktu paling lama 2 bulan terhitung sejak ujian skripsi dilaksanakan.
  5. Melengkapi persyaratan lain yang ditetapkan oleh program studi.

Furthermore, the graduation predicate for students who have passed is set as follows:

  1. Graduating with honors (Cum Laude) if:
  • GPA of subjects and elective courses (supporting Thesis) > 3.75.
  • Thesis Value A.
  • Publish the results of his thesis research in more than one article title in scientific publications in the form of proceedings and or international scientific journals indexed by Scopus or Web of Science Core Collection, national journals that are accredited or have a minimum status of Sinta 2, and UB journals as determined by the Chancellor.
  • The maximum length of study is five semesters.
  1. Passing with the predicate Very Satisfactory if:
  • Does not meet other requirements in point (1).
  • GPA > 3.5 (total for lectures and thesis).
  1. Passing with the predicate Satisfactory if it reaches a GPA of 3.0 < GPA < 3.5.

The graduation predicate is determined by the thesis examiner assembly and approved by the Dean/KPS.

 

Untuk menjaga mutu pendidikan, Program Magister Akuntansi didukung oleh dosen-dosen yang mempunyai keahlian di bidangnya dan memenuhi kriteria standar kompetensi nasional perguruan tinggi. Saat ini Program Magister Akuntansi didukung oleh dosen-dosen yang bergelar Guru Besar, Doktor, dan Praktisi.