TRAINING OF TRAINERS
(Re)konstruksi dan Pengembangan Kurikulum
Forensic Accounting & Fraud Examination

# Latar Belakang dan Dasar Pemikiran

Fraud (kecurangan terkait dengan aspek keuangan) dapat terjadi di berbagai organisasi baik pada sektor Pemerintah maupun Swasta, dan dapat dilakukan oleh perorangan atau sekelompok orang pada berbagai posisi –dari karyawan pada level operasional sampai kepada pejabat yang memiliki otoritas tertinggi–, serta dapat pula dilakukan oleh organisasi. Tindakan Fraud sangat luas cakupannya, meliputi korupsi, dan berbagai tindak penyelewengan dan kecurangan lainnya. Fraud dapat memiliki implikasi (material dan non material) yang jauh lebih besar daripada “jumlah” (secara material) yang diketahui dari tindakan fraud itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan perhatian serius dan seksama atas Fraud. Lebih-lebih di Indonesia yang merupakan salah satu Negara yang menempati ranking “cukup tinggi” dalam hal tindakan Fraud terutama korupsi. Menyadari keadaan tersebut, pemerintah Indonesia dan juga beragam organisasi non-pemerintah bahu membahu dalam memerangi korupsi. Upaya yang sama juga dilakukan oleh berbagai Perguruan Tinggi (PT) walaupun aktivitasnya masih belum direncanakan dan diimplementasikan secara sistemik.

Pendidikan akuntansi dapat memegang peran sentral dalam proses institusionalisasi kompetensi untuk melawan Fraud dan terutama korupsi, oleh karena cukup banyak subjek (matakuliah) yang bersinggungan dengan hal itu baik itu aspek akuntansi, auditing, maupun sistem informasi. Meskipun demikian penguatan subjek tertentu yang secara khusus dipersiapkan untuk memberikan bekal pemahaman dalam pencegahan, pendeteksian dan investigasi terhadap korupsi atau kecurangan dalam bidang keuangan masih diperlukan.

Matakuliah Forensic Accounting dan Fraud Examination di Jurusan Akuntansi FEB UB dirintis sejak tahun 2005 melalui kerjasama dan dukungan materi (buku dan DVD) dari ACFE (Association of Certified Fraud Examiners) –yang memiliki visi “Together, Reducing Fraud Worldwide” (sebelumnya: Fighting Fraud Globally”–).  Buku-buku juga diperoleh dari lembaga terkait seperti dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Tidak kalah kontribusinya adalah inspirasi yang diperoleh dari program Master of Forensic Accounting di University of Wollongong, Australia.

Mendorong tumbuhnya kesadaran akan bahaya fraud dan atau korupsi dalam arti luas serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam pencegahan, pendeteksian, dan investigasi atas beragam bentuk kecurangan dan atau korupsi merupakan salah satu sasaran yang dicitakan dalam subjek ini.  Seiring dengan tugas dari Dikti agar Perguruan Tinggi mengembangkan pendidikan anti korupsi, maka penawaran dan pengembangan MK Forensic Accounting dan Fraud Examination merupakan inisiasi yang semestinya tidak ditunda lagi.

# Tujuan

Tujuan pelaksanaan TOT (Re)konstruksi dan Pengembangan Kurikulum Forensic Accounting & Fraud Examination adalah :

  1. Memfasilitasi pertukaran pemikiran sesama akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ekonomi (FE), untuk melakukan (Re)konstruksi dan pengembangan mata kuliah Akuntansi Forensik dan Fraud Examination
  2. Merumuskan masukan dan atau rekomendasi tentang arah dan strategi pengembangan mata kuliah Akuntansi Forensik dan Fraud Examination sekaligus memberikan ruang/peluang benchmarking bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ekonomi (FE) yang tengah mempersiapkan diri untuk melakukan pengembangan mata kuliah ini.

# Target dan Sasaran

Target pelaksanaan TOT ini adalah:

  1. Melakukan sharing of knowledge and experience pembelajaran akuntansi forensik dan Fraud Examination.
  2. Melakukan (re)konstruksi kurikulum/silabus perkuliahan akuntansi forensik dan Fraud Examination.
  3. Mendiskusikan materi dan metode pembelajaran perkuliahan akuntansi forensik dan Fraud Examination.

Sasaran dan Indikator Keberhasilan:

  1. Terselenggaranya kegiatan TOT sesuai jadwal, target dan sasaran yang telah ditetapkan
  2. Terumuskannya kembali kurikulum/silabus perkuliahan akuntansi forensic dan Fraud Examination
  3. Tersusunnya materi dan metode pembelajaran perkuliahan akuntansi forensik dan Fraud Examination termasuk di dalamnya kasus-kasus untuk proses pembelajaran
  4. Teridentifikasinya area riset akuntansi forensik dan Fraud Examination yang dapat dikembangkan.

# Narasumber/Pemateri dan Peserta

Pemateri dalam kegiatan ini antara lain:

  1. Prof. Dr. Made Sudarma, SE., MM., Ak., CPA. Guru Besar  FEB UB dan Managing Partner KAP yang memiliki pengalaman sangat luas sebagai Akuntan Publik.
  2. Dr. H. M. Achsin, SE., SH., MM., M.Ec. Dev., M.Kn., Ak., CPA. (Doktor Akuntansi Forensik Pertama di Indonesia, dan berpengalaman luas dalam audit investigasi dan berbagai penugasan di KAP)
  3. Gugus Irianto, SE., MSA., PhD., Ak., (akademisi perintis pengembangan MK Fraud Examination –yang selanjutnya dikembangkan menjadi MK Forensic dan Fraud Examination—)
  4. Ali Djamhuri, SE. M.Com., PhD., Ak., CPA. (akademisi dan praktisi yang berpengelaman di KAP)
  5. Praktisi bidang  Hukum/Pengacara yang berpengalaman menjadi pengacara terkait tindakan korupsi

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah:

Akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ekonomi (FE) PTN dan PTS seluruh Indonesia, terutama dari Jurusan Akuntansi, namun dapat pula dari Jurusan Manajemen, dan dari Fakultas sosial lain yang setara.

# Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

 

Training of Trainers (Gelombang I) ini akan diselenggarakan selama dua hari di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 26-27 Mei 2012 9-10 Juni 2012.

# Biaya, Pendaftaran dan Fasilitas

Setiap peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.500.000 per orang. Biaya tersebut dapat dibayarkan melalui rekening Bank mandiri no. 144-00-1220199-9 atas nama Catrine Ana Prastyari

Pendaftaran keikutsertaan sebagai peserta dapat dilakukan setelah melakukan pembayaran via rekening tersebut.

Peserta akan dibatasi maksimum sebanyak 30 (tiga puluh) peserta.

Fasilitas yang didapatkan peserta selama pelaksanaan TOT antara lain:

  1. Sertifikat
  2. Materi (softcopy dan hardcopy)
  3. Makan siang dan coffee break
  4. Seminar Kit
  5. Prosiding/Hasil Kajian/CD

 

# Pendaftaran
Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara online: KLIK DI SINI

# Download
Download Brosur dan Poster: KLIK DI SINI

#Kontak Kami
Nurlita Novianti (085658202727)

Fax. (0341) 553834
Email: akuntansi@ub.ac.id