Sekali lagi, prestasi nasional ditorehkan oleh tim delegasi Universitas Brawijaya yang terdiri dari Elis Nur Rohma (Akuntansi 2011), Ninda Ayu Wiranti (Akuntansi 2011), dan Octadila Laily Anggraeni (Akuntansi 2011) berhasil meraih Juara 1 dalam Competition Of Accounting (COMPAC) Tingkat Perguruan Tinggi Nasional 2014 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, STIE Perbanas Surabaya.

Dalam lomba yang berlangsung pada tanggal 02 Maret 2014 itu, UB mengirimkan 3 tim yang terdiri dari Devi Nur Cahya Ningsih, Arga Widyatmoko, dan Nadia Damayanti sebagai Tim 1, Siti Rodiah Hasana, Virasty Fitri Faiqotul Himmah, dan Dewi Kurniawati Sumargo sebagai Tim 2, serta Elis Nur Rohma, Octadila Laily Anggraeni, dan Ninda Ayu Wiranti sebagai Tim 3. Lomba ini diikuti oleh 37 tim dari 21 universitas di seluruh Indonesia di antaranya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Widya Mandala Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Negeri Jember, LP3I Bandung, Universitas Machung Malang, Universitas Muhammadiyah Tangerang, STIE Mandala Jember, Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, STIE Asia Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Widya Kartika, Politeknik Indonesia, Universitas Islam NU Jepara, Prisma Profesional, Universitas Muhamadiyah Gresik, Politeknik NSC, dan Universitas Narotama.

            Proses lomba di awali dengan sesi I : Optional Stage dimana dalam sesi ini tiap-tiap peserta mengerjakan soal pilihan ganda yang nantinya skor masing-masing individu dalam satu tim akan diakumulasikan. Sesi II adalah Essay, dalam sesi ini satu tim bekerja sama untuk menyelesaikan soal essay atau praktika yang berbentuk uraian. Skor pada sesi I dan sesi II diakumulasikan untuk menentukan 20 tim yang lolos menuju sesi III yaitu Fast to Win. Pada sesi ketiga ini, 20 tim terbaik dibagi menjadi 4 pool, setiap pool terdapat 5 tim yang ditentukan berdasarkan undian. Mula-mula tiap tim diberi modal 1000 poin yang digunakan untuk mempertaruhkan nilai saat menjawab soal. Tim yang diberi kesempatan menjawab adalah tim yang menekan bel terlebih dahulu. Nilai yang dipertaruhkan akan ditambahkan apabila tim bisa menjawab benar dan sebaliknya akan dikurangkan apabila tim tidak dapat menjawab dengan benar. Setiap tim yang memiliki poin tertinggi pada masing-masing pool berhak melanjutkan sesi IV yaitu Problems Item. Keempat tim yang lolos, secara bergantian akan mempresentasikan soal kasus mengenai “Profesionalisme Auditor dalam Membangun Independensi Auditor Internal pada Sektor Perbankan di Indonesia” serta jawaban atas masalah / pertanyaan yang ada dalam kasus tersebut. Selain itu tim juga menerima pertanyaan dari dewan juri. Dalam sesi Problems Items, tim UB yang terdiri dari Elis, Ninda, dan Octa berhasil mendapatkan nilai tertinggi mengalahkan Universitas Kristen Petra Surabaya (Juara II), Universitas Machung Malang (Juara III), dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (Harapan I).

(Elis-Ninda)