Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menyelenggarakan acara:
SEMINAR NASIONAL “REFORMASI TATA KELOLA PAJAK DI INDONESIA PASCA TAX AMNESTY”
dan WORKSHOP “REKONSTRUKSI KURIKULUM PAJAK DI INDONESIA”

Mohon Maaf, Pendaftaran Seminar dan Workshop kami tutup karena Jumlah Peserta sudah penuh.
Terima kasih (Panitia)

Tax Amnesty sudah memasuki paruh waktu kedua.Banyak kalangan menyatakan bahwa program  Tax Amnesty dianggap telah berhasil bahkan capaiannya tertinggi di dunia. Tentunya prestasi ini patut diapresiasi dengan segala kerja keras yang telah dilakukan DJP (Direktorat Jendral Pajak).

Tugas besar selanjutnya adalah bagaimana DJP sebagai regulator pajak mampu meningkatkan performa kinerja perpajakannya dan menjaga kepercayaan masyarakat pasca program Tax Amnesty digulirkan. Reformasi tata kelola pajak seperti perluasan dan penguatan basis data perpajakan yang lebih valid, komprehensif dan terintegrasi, implementasi tax policy reform, institutional reform, administrative reform dan law enforcement semestinya sudah layak menjadi prioritas Negara demi menjaga kredibilitas fiskal Indonesia. Wacana pendirian otoritas Pajak yang otonom pun sempat menjadi diskusi publik yang hangat. Hal ini semata untuk mencari jalan terbaik agar otoritas pajak di Indonesia semakin kredibel.

Selajan dengan  itu, pengelolaan dan pemanfaatan dana repatriasi juga memerlukan perhatian yang serius dari pemerintah (kementerian keuangan) dan otoritas keuangan. Utamanya dalam  hal pengaturan regulasi yang terintegral. Disinilah, peran Otoritas Jasa Keuangan menjadi krusial. Apalagi era keterbukaan informasi keuangan untuk tujuan perpajakan sudah diambang gerbang. Harmonisasi regulasi menjadi mutlak dilakukan antara otoritas pajak dengan ototitas keuangan agar implementasi di lapangan berjalan dengan baik.

Di sisi lain, peran dunia pendidikan juga tidak bisa dinafikkan begitu saja. Reformasi tata kelola sektor perpajakan dengan segala regulasinya perlu juga diinternalisasikan dalam dunia pendidikan melalui inklusi kesadaran pajak di setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Di dunia pendidikan, secara internal juga harusnya  terus melakukan pembenahan diri seperti melakukan updating kurikulum pendidikan, utamanya di bidang perpajakan .

Atas dasar itulah, maka perlu diselenggarakan kegiatan Seminar Nasional Perpajakan bertema “Reformasi Tata Kelola Pajak di Indonesia Pasca Tax Amnesty”. Selain Seminar, diselenggarakan juga workshop tentang “Rekonstruksi Kurikulum Perpajakan di Indonesia” yang membahas tentang kurikulum pajak hingga basis kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari setiap jenjang pendidikan di Indonesia, khususnya Pendidikan Tinggi.

TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan diselenggarakan di:

  • Seminar Nasional: Auditorium UB TV Universitas Brawijaya
  • Workshop: Ruang Sidang Utama, Gd. Dekanat Lt. 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

SASARAN PESERTA

  1. Akademisi Perpajakan seluruh Indonesia
  2. Anggota IAI
  3. Konsultan Pajak
  4. Sektor Publik, Sektor Swasta, Perbankan, dan BUMN/D
  5. Mahasiswa
  6. Pengusaha
  7. Perusahaan

Ticketing Peserta:

  1. SEMINAR
    – Mahasiswa: 150 ribu
    – Umum: 300 ribu
    – Akademisi: 250 ribu
  2. Workshop
    – Mahasiswa: 150 ribu
    – Akademisi: 300 ribu
    – Umum: 350 ribu
  3. Seminar & Workshop
    – Mahasiswa: 300 ribu
    – Akademisi: 500 ribu
    – Umum: 600 ribu

Info lanjut:

  • Ayu Fury Puspita (JAFEB UB): 0821 405 214 28
  • Nurlita Novianti (JAFEB UB): 0812 336 840 21

Registrasi Taxation Update Series Klik Taxation Update Series

seminar-tax-amnesty-fix2