Pada 23 – 26 Oktober 2014, telah diselenggarakan seminar international 5th Icon (Fifth Consortium on Accounting) yang digagas oleh Pasca sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) bertempat di Hotel Grand Inna, Sanur, Bali. Acara yang diadakan dua kali setahun ini bertujuan untuk menampung ide-ide mengenai pendidikan akuntansi yang multiparadigma, artinya memiliki berbagai sudut pandang yang berbeda. Multiparadigma yang dimaksud dapat berupa positivis, interpretif, kritis, dan lain-lain.

Pembicara yang turut serta dalam seminar internasional ini tidak hanya dalam negeri melainkan juga dari luar negeri yaitu Australia dan Malaysia. Pembicara dari Australia adalah Michael Gaffikin (University of Wollongong), sementara dari Malaysia adalah Dr. Amirul Shah Md. Shahbudin (School of Management Universiti Sains Malaysia) dan Indonesia diwakili oleh Prof. Iwan Triyuwono, Ph.D., Ak., CA (Universitas Brawijaya). Selain seminar, diadakan juga diskusi ilmiah mengenai penelitian-penelitian akuntansi.

Ketua Pelaksana Fifth Icon, Noval Adib, Ph.D,. Ak., CA., berharap semoga acara ini dapat menggali ide-ide akuntansi agar lebih berkembang. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan Universitas Brawijaya dapat lebih dikenal di kancah internasional. (gde/mir)