Program Kerja Program Doktor Ilmu Akuntansi

No Tahun Akademik Unduh
1 2014/2015 Klik Di Sini

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Tahun 2007-2010, Pemantapan tata kelola kelembagaan dan kurikulum.
    • Memastikan karakter spesifik PDIA JAFEB-UB
    • Penyusunan kurikulum berdasarkan karakter spesifik
    • Penyusunan silabus mata kuliah
    • Penetapan struktur pengelolaan pasca sarjana
    • Penyusunan buku pedoman akademik
  1. Tahun 2011-2015, Pemantapan citra kualitas sebagai lembaga bereputasi nasional
    • Peningkatan kesertaan dosen dan mahasiswa sebagai penyaji pada Simposium Nasional Akuntansi dan berbagai seminar nasional
    • Peningkatan publikasi ilmiah dosen, mahasiswa dan alumni pada jurnal-jurnal ilmiah nasional
    • Peningkatan jumlah sitasi karya akademik dosen, mahasiswa dan alumni oleh akademisi lainnya
    • Peningkatan jumlah peminat masuk sebagai mahasiswa PDIA
    • Didapatkannya akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    • Kuatnya pengenalan publik Indonesia atasschool of thought yang dikembangkan PDIA
  2. Tahun 2016-2020, Pemantapan daya saing di tingkat ASEAN dan Pasifik
    • Peningkatan kesertaan dosen/mahasiswa sebagai penyaji pada event seminar regional/internasional
    • Peningkatan kerjasama kemitraan dengan universitas lain di kawasan regional
    • Peningkatan jumlah mahasiswa asing
    • Dikenalnyaschool of thougth PDIA oleh akademisi lainnya di kawasan regional
    • Teraihnya akreditasi internasional
  3. Tahun 2020-2025 Pencapaian sebagai lembaga bereputasi internasional
    • Peningkatan kesertaan dosen dan mahasiswa dalam seminar internasional di berbagai kawasan
    • Peningkatan jumlah mahasiswa asing dari berbagai kawasan dunia
    • Sebagai salah satu institusi pendidikan yang menjadi rujukan dalam pengembangan pemikiran akuntansi di dunia

 Strategi:

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi program studi ditempuh melalui pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sarana fisik, pengembangan teknologi, pemantapan tata kelola, penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, dan meningkatkan citra Program Studi (PS).

  1. Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia
    Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga edukatif dilakukan secara berkelanjutan. Ketersediaan SDM yang berkualitas untuk mengampu di Program Doktor harus terus menerus dilakukan. Ini diwujudkan dengan terus melakukan up-grading keahlian dan pengetahuan sebagai pendidik dan peneliti. Selain itu tenaga edukatif harus mampu menjalani pekerjaannya secara profesional, mampu berkiprah di tingkat nasional serta mampu berpartisipasi dalam forum-forum regional dan internasional, memiliki integritas pribadi yang baik, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap kampus.
    Sedangkan bagi tenaga administratif, pengembangan diarahkan untuk menjadi tenaga profesional yang lebih berorientasi pada peningkatan pelayanan ketimbang sebagai birokrat.
  1. Pengembangan Sarana Pembelajaran
    Pengembangan sarana fisik diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa maupun dosen. Selain itu adalah peningkatan kualitas dan kuantitas kepustakaan di ruang baca. Hal lain yang dilakukan adalah pengembangan jurnal untuk memfasiltasi publikasi dosen dan mahasiswa.
  1. Pengembangan Teknologi
    Pembaharuan teknologi bidang sistim informasi dan audio-visual yang terus menerus untuk menunjang peningkatan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi. Ini juga dimaksudkan untuk memperluas penyebaran informasi tentang keberadaan PS di berbagai belahan dunia.
  1. Pemantapan Tata Kelola
    Untuk mewujudkan suatu lembaga yang kredibel dan bereputasi, PS harus membangun tata kelola yang baik untuk peningkatan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kesamaan perlakuan. Untuk itu unsur-unsur penjaminan mutu akademik terus menerus dikembangkan. Demikian pula mode koordinasi dengan universitas, fakultas dan jurusan juga terus ditingkatkan efektifitas dan efisiensinya.
  1. Penciptaan Lingkungan Kerja dan Belajar yang Kondusif
    Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, maka perlu ditumbuhkan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa dan dosen serta corporate culture bagi pengelola. Di samping itu, penataan lingkungan fisik terus dilakukan agar tercipta suasana yang asri, nyaman, dan aman.
  1. Peningkatan Citra PS
    Peningkatan citra PS diperlukan untuk menyebarluaskan keberadaan PS S3 Akuntansi dengan berbagai program kegiatan yang ditawarkan dan output yang dihasilkan, termasuk promosi di negara-negara lain.
  1. Internasionalisasi
    Untuk mewujudkan program pengembangan pada tingkat internasional, institusi menempuh jalur “multy-track”. Artinya, menempuh banyak jalur untuk internasionalisasi PS selaras dengan program universitas, fakultas dan jurusan. Ini dilakukan antara lain dengan peningkatan kerjasama untuk sandwich programlecture exchange program dan joint program utk riset dan publikasi. Pengembangan jaringan kerjasama juga dilakukan dengan beberapa mitra untuk rekruitmen mahasiswa dari luar negeri, serta dimaksudkan juga untuk meraih pengakuan internasional (yang antara lain dapat berbentuk akreditasi).

Adapun Timeframe Program Kerja PDIA hingga akhir tahun 2015, tampak pada gambar berikut:

15_PROKER PDIA    

 
 
 

Program Doktor