Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Tahun 2012-2013, Pemantapan kualitas sebagai lembaga bereputasi nasional
    1. Peningkatan kesertaan dosen dan mahasiswa sebagai penyaji pada Simposium Nasional Akuntansi dan berbagai seminar nasional bereputasi
    2. Peningkatan publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa pada jurnal-jurnal ilmiah nasional terakreditasi
    3. Peningkatan jumlah sitasi karya akademik dosen dan mahasiswa oleh akademisi lainnya
    4. Peningkatan jumlah peminat masuk sebagai mahasiswa PDIA JAFEB UB
    5. Didapatkannya akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
    6. Kuatnya pengenalan publik Indonesia atas school of thought yang dikembangkan PDIA JAFEB UB
  1. Tahun 2014-2017, Pemantapan daya saing di tingkat ASEAN dan Asia Pasifik
    1. Peningkatan kesertaan dosen/mahasiswa sebagai penyaji pada event seminar regional/internasional
    2. Peningkatan kerjasama kemitraan dengan universitas lain di kawasan regional
    3. Peningkatan jumlah mahasiswa asing
    4. Dikenalnya school of thougth PDIA JAFEB UB oleh akademisi lainnya di kawasan regional
  1. Tahun 2017-2021 Pencapaian sebagai lembaga bereputasi internasional
    1. Peningkatan kesertaan dosen dan mahasiswa dalam seminar internasional di berbagai kawasan
    2. Peningkatan jumlah mahasiswa asing dari berbagai kawasan dunia
    3. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang menjadi rujukan dalam pengembangan pemikiran akuntansi di dunia
    4. Teraihnya akreditasi internasional

Strategi:

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi program studi ditempuh melalui pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sarana fisik, pengembangan teknologi, pemantapan tata kelola, penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, dan meningkatkan citra Program Studi (PS).

  1. Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia
    Pengembangan kualitas sumber Daya Manusia (SDM) bagi dosen dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diwujudkan dengan cara terus berupaya mendukung dosen melakukan upgrading keahlian dosen PDIA JAFEB UB  sebagai pendidik dan peneliti. Bentuk upaya tersebut adalah dengan jalan memberikan dukungan dalam bentuk pementaan rumpun keahlian dan alokasi anggaran kepada dosen yang akan mengikuti workshop, seminar-seminar serta forum kajian penelitian baik di level nasional maupun internasional sesuai dengan bidang keilmuan. Selain itu, beberapa aktivitas in house training dan kuliah tamu pakar untuk meningkatkan kemampuan publikasi internasional dosen PDIA JAFEB UB juga secara periodik dikukan.Sebagai salah satu sarana lain sebagai upaya meningkatkan kualitas dosennya, PDIA JAFEB UB mengadakan Accounting Research Training Series dan Debat Epistemologi Akuntansi Multiparadigma secara periodik sebagai sarana pengembangan kualitas dosen dalam upaya updating pengetahuan tentang metodologi penelitian. Selain itu, peningkatan kualitas SDM juga dilakukan dengan menjalin kerjasama penelitian dengan institusi/peneliti lain baik di dalam maupun luar negeri untuk memberikan dukungan kepada dosen dalam rangka membuat penelitian yang layak publikasi di jurnal ilmiah nasional maupun internasional.
  1. Pengembangan Sarana Pembelajaran
    Upaya pengembangan sarana pembelajaran yang dilakukan meliputi pengembangan fisik ruang diskusi bagi mahasiswa, gedung perpustakaan, pembangunan self access center (SAC), penguatan fungsi jaringan internet/ wi-fi kampus untuk kemudahan mengakses jurnal online, serta penambahan koleksi buku dan jurnal ilmiah baik secara online maupun tercetak.
    Pengembangan sarana fisik diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa maupun dosen. Selain itu adalah peningkatan kualitas dan kuantitas kepustakaan di ruang baca. Hal lain yang dilakukan adalah pengembangan jurnal untuk memfasiltasi publikasi dosen dan mahasiswa.
  1. Pengembangan Teknologi
    Sebagai upaya pencapaian strategi agar PDIA JAFEB UB menjadi program studi yang bereputasi internasional adalah dengan melakukan pengembangan teknologi yang terus menerus, sehingga dapat menunjang peningkatan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar proses administrasi kependidikan di PDIA JAFEB UB serta memperluas penyebaran informasi tentang keberadaan PDIA JAFEB UB di berbagai belahan dunia. Pengembangan teknologi yang dilakukan meliputi mengintegrasikan keseluruhan proses administrasi akademik PDIA JAFEB UB ke dalam sistem sistem informasi akademik yang dibangun oleh UB, pembuatan dan proses updating konten informasi yang ada pada website PDIA JAFEB UB, pengembangan website bilingual untuk PDIA JAFEB UB, hingga pada penguatan jaringan wi-fi di gedung F FEB UB untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mengakses informasi dari internet terkait kebutuhan proses belajar mengajar.
  1. Pemantapan Tata Kelola
    PDIA JAFEB UB harus membangun tata kelola yang baik untuk peningkatan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kesamaan perlakuan. Bentuk pemantapan tata kelola ini dimulai dari upaya institusionalisasi VMT PDIA JAFEB UB dimulai dari perumusan VMT hingga tahapan sosialisasi yang melibatkan koordinasi antara pihak pengelola dengan stakeholder internal dan eksternal.
    Untuk mewujudkan suatu lembaga yang kredibel dan bereputasi, PS harus membangun tata kelola yang baik untuk peningkatan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kesamaan perlakuan. Untuk itu unsur-unsur penjaminan mutu akademik terus menerus dikembangkan. Demikian pula mode koordinasi dengan universitas, fakultas dan jurusan juga terus ditingkatkan efektifitas dan efisiensinya.
  1. Penciptaan Lingkungan Kerja dan Belajar yang Kondusif
    Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, maka perlu ditumbuhkan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa dan dosen, serta corporate culture bagi pengelola. Di samping itu, penataan lingkungan fisik terus dilakukan agar tercipta suasana yang asri, nyaman, dan aman. Upaya penataan lingkungan fisik tersebut akan terus ditingkatkan melalui pembangunan fasilitas yang nyaman bagi seluruh civitas akademika.
  1. Peningkatan Citra PS
    Peningkatan citra PDIA JAFEB UB dilakukan dengan cara melakukan promosi dan updating website PDIA JAFEB UB, serta meningkatkan keterlibatan tenaga PDIA JAFEB UB dalam berbagai forum ilmiah baik nasional maupun internasional. Peningkatan citra PDIA JAFEB UB juga dilakukan dengan cara mendorong pelahiran ilmu akuntansi baru yang berasal dari penelitian mahasiswa maupun dosen, memperkuat jaringan alumni melalui ikatan alumni PDIA JAFEB UB dan external review disertasi. Selain itu, PDIA JAFEB UB telah mengembangkan Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia sebagai media pertemuan (dan penyebaran ilmu) dosen dan alumni PDIA JAFEB UB dengan para pemangku kepentingan
    Peningkatan citra PS diperlukan untuk menyebarluaskan keberadaan PS S3 Akuntansi dengan berbagai program kegiatan yang ditawarkan dan output yang dihasilkan, termasuk promosi di negara-negara lain.
  1. Internasionalisasi
    Upaya internasionalisasi terus-menerus diupayakan sebagai jalur untuk mewujudkan VMT PDIA JAFEB UB. Berbagai upaya ditempuh agar PDIA JAFEB UB mampu bersaing di kancah internasional. Hal ini dilakukan dengan peningkatan kerjasama dengan beberapa mitra dalam hal proses rekruitmen mahasiswa yang berasal dari luar negeri. Saat ini, jumlah mahasiswa PDIA JAFEB UB yang berasal dari negara-negara lain semakin bertambah, seperti contohnya adanya mahasiswa asing dari Libya dan Iraq yang menempuh pendidikan doktornya di PDIA JAFEB UB. Selain itu, upaya penambahan jumlah kerjasama sandwich program, dan joint research, joint supervision, dan joint examination baik ke dalam maupun ke luar terus dikembangkan sebagai untuk memacu proses publikasi internasional oleh dosen maupun mahasiswa