Kebijakan sistem rekrutmen mahasiswa baru mencakup: Kebijakan rekrutmen calon mahasiswa baru, kriteria seleksi mahasiswa baru, sistem pengambilan keputusan, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru.

Kebijakan Rekrutmen Calon Mahasiswa Baru:

Terdapat kebijakan untuk rekrutmen calon mahasiswa baru. Kebijakan tersebut meliputi pengaturan mengenai bagaimana kegiatan yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa, yakni mulai dari pendaftaran sampai dengan keputusan untuk diterima secara resmi sebagai mahasiswa S1, S2 dan S3. Semua kebijakan tersebut dicantumkan dalam Buku Pedoman Akademik (Program Sarjana dan Pascasarjana) FEB UB, brosur pendaftaran, dan website yang dapat diakses secara online oleh calon mahasiswa di http://selma.ub.ac.id/.

Kriteria Seleksi Mahasiswa Baru:

Pada prinsipnya, untuk menjadi mahasiswa di FEB UB, baik menjadi mahasiswa S1, S2, maupun S3, kriteria seleksinya didasarkan pada lulus tidaknya calon mahasiswa dalam mengikuti seleksi ujian masuk. Untuk jenjang S1, ada dua jalur utama, yaitu jalur nasional (SNMPTN dan SBMPTN) dan jalur mandiri (SPMK).

Untuk detail kriteria seleksi dapat dilihat pada http://selma.ub.ac.id/jalur-masuk/ 

Untuk seleksi jenjang S3 dilaksanakan satu tahun sekali yaitu pada semester ganjil pada setiap tahun akademik. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk dibuka pula penerimaan mahasiswa pada semester genap dengan mempertimbangkan kondisi tertentu. Kriteria lebih detail mengenai penerimaan mahasiswa pada program pascasarjana dapat dilihat pada http://selma.ub.ac.id/seleksi-masuk-pasca/

Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru:

Program S1, S2 dan S3 sudah memiliki prosedur yang baku untuk rekruitmen mahasiswa baru dengan rincian sebagai berikut:

  1. Program Sarjana (S1) memiliki prosedur yang berlaku secara nasional, dan prosedur ini berlaku bagi semua fakultas dan Program Studi di lingkungan Universitas Brawijaya. Semua prosedur tersebut sudah dipahami dengan baik oleh publik. Untuk informasi lebih lengkap bisa diunduh di selma.ub.ac.id.
  2. Untuk Program Pascasarjana (S2 dan S3), prosedur penerimaannya adalah sebagai berikut.
    • Pertama, calon mahasiswa melakukan pendaftaran dengan cara membayar biaya pendaftaran melalui Bank yang telah ditunjuk. Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa mendapatkan bukti pembayaran yang didalamnya tercantum nomor pendaftaran dan PIN kemudian melakukan login di selma.ub.ac.id.
    • Kedua, calon mahasiswa mengisi pendaftaran secara online dan mengunggah beberapa dokumen yang dipersyaratakan pada laman http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub/.
    • Ketiga, Panitia Penerimaan menyeleksi berkas-berkas pendaftaran yang telah diunduh oleh operator SELMA FEB UB untuk kemudian menilai lengkap tidaknya persyaratan administrasi calon mahasiswa. Khusus calon mahasiswa Joint Program, diwajibkan mengikuti Ujian Saringan Masuk (USM) tertulis.
    • Keempat, bagi calon yang memenuhi persyaratan administratif kemudian dilanjutkan dengan seleksi wawancara dengan tujuan untuk menentukan layak tidaknya calon tersebut diterima sebagai mahasiwa baru. Kelima, hasil seleksi tersebut diumumkan kepada calon mahasiswa, dan bagi yang diterima untuk segera melakukan daftar ulang sebagai mahasiswa baru.