Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (JAUB) didirikan pada tahun 1977 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan No. 835/DJ/77. Selama sepuluh tahun pertama, JAUB berada di bawah pembinaan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan telah mencapai berbagai kemajuan yang signifikan. Pada perioda ketua jurusan yang pertama, JAUB secara luas membangun kerjasama dengan Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan beberapa kantor akuntan publik (KAP) dalam mengembangkan pengajaran yang relevan.

Tahun 1981, JAUB meluluskan 4 mahasiswa pertamanya dan tahun 1982 JAUB berhak memberi gelar “Akuntan” bagi lulusannya sesuai Undang-Undang No. 34/1954. Pada tahun 1986, JAUB mengadakan seminar nasional untuk mengevaluasi relevansi kurikulum nasional untuk jurusan akuntansi dengan hasil sebuah Kurikulum Nasional Akuntansi. Selain itu JAUB tetap memelihara komitmennya untuk menjaga kualitas pendidikan, yang tercermin pada peresmian Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) pada tahun 1989 oleh Ditjen Dikti. PPA, dengan sponsor Bank Dunia, berdiri dengan membawa misi untuk mengembangkan pendidikan akuntansi di Indonesia. Melalui proyek pengembangan akuntansi ini JAUB berhasil memperbaiki kualifikasi dosennya, yaitu 11 orang bergelar Master dan 1 orang Doktor. Selanjutnya, pada periode yang sama, JAUB ditunjuk sebagai salah satu dari 6 jurusan akuntansi PTN terkemuka yang berhak melaksanakan Ujian Negara Akuntansi (UNA).

Tahun 1997, JAUB mendapatkan peringkat akreditasi tertinggi yaitu A bintang empat (A****) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Pada bulan Mei tahun 2004, JAUB kembali memperoleh peringkat akreditasi tertinggi “A” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No: 12/BAN-PT/Ak-VII/SI/IV/2004 (pada tahun 1997 derajat tertinggi adalah A**** dan pada tahun 2004 derajat tertinggi adalah A).

Selanjutnya pada tahun 2001, didirikan Program Magister Sains Akuntansi berdasar surat izin dari Dirjen Dikti, yang pada tahun 2006 mendapat Akreditasi dari BAN. Selain itu pada bulan Februari 2003, JAUB mendapat izin resmi untuk melaksanakan Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) dari Ditjen Dikti berdasarkan rekomendasi dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Pada tahun 2007, JAUB mendapat perpanjangan izin penyelenggaraan PPAk selama 5 tahun ke depan dengan nilai 955. Pada tahun 2004, JAUB merintis penyelenggaraan Program Doktor melalui Program Doktor Ilmu Ekonomi Kekhususan Akuntansi. Selanjutnya berdasar surat izin Dirjen Dikti, pada tahun 2007 JAUB menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Akuntansi secara mandiri. Pada tahun 2007 juga, JAUB mulai merintis Program Internasional dengan membuka kelas berbahasa Inggris pada jenjang S-1. Selain itu, JAUB mendapatkan Program Hibah Kompetisi (PHK) A-3 dari Ditjen Dikti untuk perioda tahun 2006-2008.

Ketua dan Sekretaris Jurusan Akuntansi dari Masa ke Masa

01. Drs. Mustafa, Ak & Drs. Subagyo, Ak
02. Drs. Suhadak, Ak & Drs. Rosidi, Ak
03. Bambang Hariadi, MEC, Ak & Ali Djamhuri, MCom, Ak
04. Bambang Hariadi, MEC, Ak & Gugus  irianto, MSA, Ak
05. Gugus  irianto, MSA, Ak & Roekhudin, MSI, Ak.
06. Ali Djamhuri, MCom, Ak & Roekhudin, MSI, Ak
07. M. Jusuf Wibisana, MEC., Ak & Roekhudin, MSI, Ak
08. Roekhudin, MSI, Ak & Lili Purwanti, MSI, Ak
09. Dr. Unti Ludigdo, Ak & Abdul Ghofar, M.Acc, Ak, CPMA.
10. Prof. Dr Unti Ludigdo, Ak., CA. & Helmy Adam, MSA, Ak, CPMA. (2009-2013)
11. Nurkholis, Ph.D., Ak., CA & Abdul Ghofar, DBA., Ak., CPMA., CA (2014-present)
12. Nurkholis, Ph.D., Ak. & Abdul Ghofar, DBA., Ak., CPMA. (2013-2017)