Laboratorium Akuntansi, Investasi dan Pasar Modal (Lab. AIPM) didirikan pada tahun 2000 dengan Kepala Lab pertama adalah Bapak Imam Subekti. Pada awal pendiriannya Lab. AIPM didirikan untuk memberikan wadah kepada para mahasiswa melakukan praktik akuntansi dasar yang kemudian berkembang dengan menyediakan data-data penelitian pasar modal.

Pada kepemimpinan selanjutnya, dibawah komando Bapak Zaki Baridwan, Lab AIPM semakin berkembang dengan memiliki ruang baca dan 3 Lab Komputer Akuntansi yang didapatkan dari Program Hibah Kompetisi A3 Jurusan Akuntansi FEB UB. Pada era ini, Lab AIPM memulai kerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mendirikan Pojok BEI.

Pendirian Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Brawijaya (GIBEI UB) (dahulu Pojok BEI) dimaksudkan untuk mengenalkan  Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis.  Pendirian GIBEI UB berkonsep 3  in 1 (kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas)  sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari  sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya. Sasaran GIBEI UB sebagai langkah untuk menjangkau  kelompok yang berpendidikan agar  dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal.

Selanjutnya pada kepemimpinan Bapak Lutfi Harris dibantu oleh Sekretaris, Bapak Aang Kunaifi, program-program Lab AIPM terus ditingkatkan dengan diadakannya Pelatihan Audit berbasis Komputer, membuka kelas SAP, sistem ERP, yang diintegrasikan dengan Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen serta revitalisasi GIBEI UB.

Mulai awal tahun 2014, Lab AIPM berada dibawah kepemimpinan Bapak Noval Adib dengan Sekretaris Bapak Ubaidillah. Program awal yang dilakukan adalah menata kembali proses organisasi yang ada di Lab AIPM berbasis teknologi web supaya roda organisasi bisa berjalan secara efisien dan efektif, dari mulai memberlakukan pemesanan data keuangan secara online, pembuatan database data keuangan online, pendaftaran kegiatan secara online, serta meng-online-kan hampir seluruh dokumentasi di Lab AIPM. Ke depan, Lab AIPM akan terus berinovasi dalam menyediakan layanan dengan memperkuat kerjasama dengan pihak eksternal terkait.

 
 
 

Lab. AIPM