banner gd utama copy

Prodi S-1, S-2, S-3 Akuntansi FEB UB Raih Akreditasi Unggul

Paket komplit diraih Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Pasalnya, Prodi S-1, S-2 dan S-3 meraih Akreditas Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sudah pasti ini, kabar gembira bagi civitas UB. Karena meraih status Akreditasi Unggul tidak mudah. Ini merupakan prestasi akademik yang membanggakan. Perjuangan dan kerja keras terbayarkan dengan hasil memuaskan.

Program Studi Sarjana Akuntansi memperoleh peringkat akreditasi unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 11210/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IX/2021.

Sedangkan Program Studi Magister Akuntansi dan Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi memperoleh predikat Akreditasi Unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 11359/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/X/2021 dan No. 11891/SK/BAN-PT/AK-ISK/D/X/2021.

Akreditasi menjadi tolok ukur untuk menilai kualitas atau mutu penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, BAN-PT saat ini menerbitkan tiga peringkat akreditasi. Yaitu baik, baik sekali dan unggul.

Peringkat akreditasi unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang dikeluarkan oleh BAN-PT. Perguruan tinggi dan program studi yang memperoleh akreditasi unggul, dapat dikatakan memiliki kualitas pendidikan yang excellent.

Maka, kompetensi mahasiswanya pun dapat dikatakan sesuai dengan standar mutu pendidikan yang berkualitas.

Selain itu, akreditasi perguruan tinggi dan program studi juga menjadi tolak ukur dalam persyaratan umum untuk keperluan melamar pekerjaan. Baik di kementerian/lembaga pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta hingga multinasional.

Aulia Fuad Rahman, S.E., M.Si., D.B.A., Ak., yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi mengatakan.

“Pencapaian Akreditasi Unggul pada Program Studi S-1, S-2 dan S-3 ini menjadi pemicu untuk lebih berkomitmen dalam memberikan layanan akademik bermutu dimasa mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Akuntansi FEB UB, Dr. Roekhudin, M.Si., Ak., menyampaikan bahwa selain memperoleh Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Program Studi S1, S2 dan S3 di Jurusan Akuntansi FEB UB juga telah terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional Abest-21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization) yang berkedudukan di Jepang.

Khusus untuk Program Studi S-1 Akuntansi, akreditasi internasional juga diperoleh dari ACCA (The Association of Chartered Certificate Accountants) yang berkedudukan di London, UK.

“Saat ini, Program Studi S-1, S-2, dan S-3 di Jurusan Akuntansi FEB UB juga sedang dalam proses pengajuan Self Evaluation Report (SER) untuk akreditasi internasional AQAS (The Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs) yang berkedudukan di Jerman,” pungkas Ketua Jurusan Akuntansi FEB UB, asal Blitar ini. (yan)