01

PPAk yang merupakan program pendidikan lanjutan yang ditujukan bagi alumni jurusan apapun yang memiliki minat mendapatkan gelar Akuntan (Ak.), sekaligus mempersiapkan setiap mahasiswa untuk menempuh ujian Chartered Accountant (CA), kembali menerima pendaftaran mahasiswa  baru. Program ini akan diselenggarakan dalam (minimal) 2 semester (& maksimal 6 semester).

Mulai angkatan XXIV kemarin, PPAk memiliki perbedaan dibandingkan angkatan sebelumnya, yaitu:

  1. Jika sebelumnya setiap mahasiswa yang akan masuk PPAk harus mengikuti ujian saringan masuk (USM) untuk menentukan bisa masuk atau tidaknya, maka mulai penerimaan saat ini USM tersebut sifatnya hanya ditujukan untuk mengetahui & menyamakan level kemampuan setiap calon mahasiswa.
  2. Silabus yang akan digunakan mengalami pembaruan yang menyeluruh dibandingkan dengan silabus sebelumnya (yaitu tahun 2009), di mana setiap mahasiswa menempuh 7 mata kuliah wajib (Pelaporan Korporat, Manajemen Strategik & Kepemimpinan, Tatakelola Korporat & Etika, Manajemen Keuangan Lanjutan, Manajemen Perpajakan, Akuntansi Manajemen Lanjutan, & Sistem Informasi & Pengendalian Internal), ditambah dengan beberapa mata kuliah yang sifatnya pilihan (Setiap penyelenggara PPAk berbeda-beda).
  3. Setiap mahasiswa PPAk yang lulus setelah 31 Desember 2014 wajib:
  • Lulus ujian CA
  • Menyerahkan data diri + Pengalaman kerja 2 tahun + Sertifikat CA
  • Mendaftarkan ke PPAJP untuk mendapatkan register akuntan

JOINT PROGRAM (JP)

Joint Program memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh jenjang pendidikan S2 Akuntansi (MSA) dan Pendidikan Profesi (Ak) secara bersamaan. Di mana semester I dan II pendidikan difokuskan pada pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar Ak. & CA. Lalu dua/tiga semester pendidikan setelahnya difokuskan pada pendidikan magister sains akuntansi untuk mendapatkan gelar MSA. Sehingga, lulusan program ini mendapatkan dua gelar sekaligus dalam 4/5 semester (minimal).

Informasi Pendaftaran Program PPAk dan Joint Program bisa dilihat pada menu Layanan, submenu Pendaftaran – Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

Join UB be The Best