Organisasi Asisten Dosen Akuntansi (OADA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya kini sedang menantikan keluarga baru. Akhir bulan Mei lalu, OADA baru saja mengadakan acara “OPEN RECRUITMENT ASISTEN DOSEN JAFEB PERIODE GANJIL 2013/2014”. Acara ini diperuntukan bagi mahasiswa JAFEB UB, minimal telah menempuh semester 4, yang berminat untuk bergabung bersama OADA untuk menjadi asisten dosen akuntansi.

Acara ini disambut dengan antusiasme mahasiswa JAFEB yang mendaftar sebagai peserta dalam open recruitment ini. Dalam open recruitment asisten dosen akuntansi ini, terdapat beberapa tahapan yang wajib dilalui oleh para peserta open recruitment. Secara umum, terdapat empat tahapan yang harus dilalui peserta open recruitment yaitu tahap seleksi administrasi, tahap tes tulis, tahap interview, dan tahap Micro Teaching.

Recuit OADA

Untuk tahap seleksi administrasi, para peserta diwajibkan mengirimkan berkas-berkas yang diperlukan untuk dapat lolos ke tahap selanjutnya, dimana berkas-berkas tersebut mensyaratkan beberapa kompetensi akademik dari pendaftar. Selanjutnya untuk tahap tes tulis, peserta diwajibkan mengerjakan soal-soal yang terdiri dari soal-soal akuntansi umum dan soal-soal khusus yang bergantung dari mata kuliah yang dipilih oleh peserta ketika mendaftar sebagai asisten dosen akuntansi. Yang ketiga ialah tahap interview, di tahap ini peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan terkait karakteristik pribadi yang dimilikinya. Terakhir adalah tes micro teaching, para peserta diwajibkan untuk mempresentasikan salah satu topik akuntansi. Dalam tahapan ini, peserta diposisikan seakan-akan sedang mengajar di dalam kelas dengan para juri yang merupakan perwakilan dosen dan asisten dosen senior sebagai mahasiswanya.

Saat ini, para juri, beberapa pengurus harian OADA, dan pembimbing OADA sedang mempertimbangkan peserta yang layak bergabung sebagai asisten dosen akuntansi periode ganjil 2013/2014. Dalam waktu dekat, akan segera dipilih dan diumumkan para peserta yang lolos dan akan bergabung dengan keluarga besar OADA FEB UB.