banner gd utama copy

Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UB gandeng CIMA, jadi “Future Finance Expert”

CIMA; Akuntansi; Brawijaya

 

CIMA kembali mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Tips and Trick Study Plan dan Sertifikasi Profesi”. Acara kuliah tamu ini diselenggarakan pada Jumat, 25 September 2020 yang dihadiri oleh dosen Jurusan Akuntansi FEB UB, mahasiswa dan Business Development Specialist CIMA, Muhammad Yafi, secara daring melalui aplikasi Zoom dengan pembicara Bapak Raden Florentinus Suryo Susilo, CPA, ACMA, CGMA yang akrab disapa Flo.

Dalam sesi kuliah tamu ini banyak informasi yang didapatkan, salah satunya adalah pengenalan program unggulan yang disebut dengan CIMA a Star Programme. Program ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar tambahan profesi selagi kuliah di semester akhir dengan IPK >3.50 juga bagi alumni (maksimal 5 tahun). Mengapa program ini disebut unggulan? Program ini memberikan jalur express menuju pada ujian akhir dari total 16 ujian untuk bisa menyelesaikan seluruh kualifikasi CIMA.

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi future finance yang diharapkan oleh future professional? Menurut Bapak Flo yang diperlukan adalah mempunyai Technicall Skill. Technicall Skill merupakan keterampilan dasar atau sering disebut dengan basic entry. Keterampilan yang kedua adalah memiliki business skill analytic yang baik, dan terakhir tentunya juga memiliki strategic skill seperti solusi manajemen dan komunikasi. Sedikit tips dari  Bapak Flo untuk mengikuti ujian CIMA adalah dengan mengetahui bahwa,  CIMA is about business finance. Mahasiswa disarankan untuk memperluas pengetahuan mengenai strategi bisnis, dan memperbanyak latihan menulis dengan baik. Karena jika tidak, maka kita tidak dapat menjawab suatu pertanyaan dengan baik, terlebih mengenai studi kasus. —NRL, 2020