Senin (20/04), diselenggarakan Pendidikan Dasar Penilaian 2 (PDP 2) Properti bertempat di Aula Lantai 7 Gedung F, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB). Acara tersebut merupakan hari ke-3 dari serangkaian acara yang dimulai pada tanggal 18 – 26 April 2015. Peserta yang hadir dalam acara ini kebanyakan merupakan dosen dan sebagian dari mahasiswa Program Magister (S2) Akuntansi.

Acara yang digagas atas kerjasama antara FEB-UB dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) bertujuan untuk memenuhi persyaratan sebagai penilai melalui pendidikan yang berkesinambungan sekaligus menciptakan penilai-penilai yang berkualitas. Menurut Ketua Forum Kantor Jasa Penilai Publik (FKJPP), Ir. Wahyudi Utomo, MM, MAPPI (Cert), seorang penilai harus menempuh jenjang pendidikan kepenilaian yaitu, Pendidikan Dasar Penilaian (PDP) 1, PDP 2, Pendidikan Lanjutan Penilaian (PLP) 1, PLP 2, dan Ujian Sertifikasi Penilai (USP). PDP 2 ini merupakan lanjutan dari Pendidikan Dasar Penilaian 1 (PDP 1) yang sebelumnya beberapa kali pernah diselenggarakan oleh FEB-UB.

Fokus materi yang dijelaskan pada hari ke-3 adalah penilaian terhadap aset tetap yaitu bangunan dalam hal teknik perhitungan depresiasi dan penerapan pendekatan biaya pada penilaiannya.

Ir. Wahyudi Utomo, MM, MAPPI (Cert), berharap agar mahasiswa dan dosen mampu memanfaatkan kesempatan pendidikan ini sebagai media untuk menambah keterampilan sebagai penilai sehingga menjadi penilai yang lebih profesional. Selain itu diharapkan agar kerjasama antara FEB-UB dan MAPPI terus berlanjut sehingga pendidikan ini mampu menciptakan penilai-penilai yang berkualitas untuk ke depannya. (gde/azm)