Sekitar awal bulan Mei lalu, Organisasi Asisten Dosen Akuntansi (OADA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya telah mengadakan sebuah acara yaitu “Open Recruitment Delegasi Olimpiade JAFEB 2013”. Acara ini didesain sebagai salah satu wadah penjaringan mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UB untuk nantinya mewakili dan mengharumkan nama universitas dalam olimpiade-olimpiade nasional yang terselenggara. Acara open recruitment untuk delegasi olimpiade JAFEB adalah acara rutin tahunan yang diadakan oleh OADA, yang pada umumnya dilaksanakan pada semester genap.

Acara ini direspon cukup antusias oleh mahasiswa JAFEB, terlebih untuk mahasiswa JAFEB angkatan 2011 yang menjadi target utama acara open recruitment ini. Keantusiasan mahasiswa JAFEB ini terbukti dari banyaknya peserta dalam open recruitment ini. Peserta akan melalui beberapa rangkaian acara dalam open recruitment ini. Rangkaian acara yang telah dipersiapkan semaksimal mungkin oleh panitia acara dan didesain menyerupai suasana olimpiade yang sesungguhnya.

Delegasi OADA

Berikut ini adalah sekilas mengenai acara yang terdapat dalam open recruitment ini. Pertama, para peserta wajib melalui tahap ujian tulis dengan bahan yang telah diinformasikan sebelumnya. Rangkaian acara berikutnya adalah “Ranking 1”, acara ini dibuat dengan konsep yang mirip dengan salah satu acara yang terdapat di salah satu stasiun televisi swasta kita. Tahapan terakhir yang wajib dilalui peserta yaitu tahapan studi kasus, dimana peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang akan berdiskusi untuk memecahkan soal studi kasus tersebut kemudian menyajikan dalam bentuk presentasi di depan para dewan juri yang telah dipilih oleh panitia acara.

Setelah melewati serangkaian acara dalam Open Recruitment Delegasi Olimpiade JAFEB 2013, para dewan juri yang merupakan perwakilan dari dosen JAFEB serta panitia acara melakukan penilaian dan pertimbangan guna menentukan peserta yang berhak mewakili JAFEB UB dalam olimpiade-olimpiade nasional. Nantinya setelah terpilih, para delegasi olimpiade JAFEB UB ini akan diberikan pembekalan berkala guna mempersiapkan mereka dalam mengikuti olimpiade-olimpiade nasional dan bersiap untuk membawa serta mengharumkan nama Universitas Brawijaya.