Kamis (26/2), Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) salah satu bagian dari Laboratorium Akuntansi, Investasi, dan Pasar Modal (Lab. AIPM) Jurusan Akuntansi (JA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) bekerja sama dengan PT. Trimegah Securities, Tbk. menyelenggarakan “Talkshow & Sosialisasi Sukuk Negara Ritel Seri SR-007”. Bertempat di Aula Gedung Pasca Sarjana FEB UB, kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Tiga orang pemateri dihadirkan pada kegiatan ini adalah Dewi Sriana Rihantyasni dari PT Bursa Efek Indonesia; Rachmad Faudji dari Kementerian Keuangan Indonesia, dan Sigit Indrayatma, selaku Debt Capital Markets Trimegah Securities Tbk.

“Melalui kegiatan ini, Kami Galeri Investasi BEI UB ingin mensosialisasikan bahwa pasar modal tidak hanya diperuntukan bagi kalangan menengah atas, bahkan mahasiswa juga dapat berinvestasi pada pasar modal”, ujar Yusuf Denhas, Ketua Pelaksana kegiatan tersebut. Sukuk Negara Ritel Seri SR-007 merupakan salah satu sukuk yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan RI. Sukuk tersebut menggunakan akad Ijarah. Berinvestasi pada SR-007 memiliki sejumlah keuntungan, diantaranya adalah aman, imbalan dalam jumlah tetap, profitable, mudah, dapat dijaminkan, berpartisipasi dalam pembangunan nasional, dan berprinsip Syariah.

Sukuk Negara Ritel adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset SBSN, baik dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijual kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia melalui agen Penjual di Pasar Perdana dalam Negeri. (azm)