Penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang Pasar Modal di Indonesia dinilai sangat berperan penting dalam memasyarakatkan fungsi dan peran Pasar Modal bagi perekonomian Indonesia.  Program-program yang dilakukan secara terpadu dan terarah akan mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya melakukan investasi sejak dini. Pengetahuan itu tak terkecuali didapat di area Perguruan Tinggi. Sebagai pusat informasi di bidang pasar modal diharapkan dapat memberikan informasinya pada pengguna baik di lingkungan civitas akademika maupun bagi masyarakat umum.

Pendirian POJOK Bursa Efek Indonesia (BEI) (saat ini menjadi Galeri Investasi BEI: pent) dimaksudkan untuk mengenalkan  Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis.  Pendirian POJOK BEI berkonsep 3  in 1 (kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas)  sehingga diharapkan civitas akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari  sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan prakteknya. Sasaran POJOK  BEI sebagai langkah untuk menjangkau  kelompok yang berpendidikan agar  dapat lebih memahami dan mengenal pasar modal.

Peran POJOK BEI sebagai  One stop student activities pasar modal di dunia  akademisi merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi  sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Kedepannya melalui  laboratorium pasar modal yang menyediakan  real time data untuk belajar  menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan  menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di Pasar Modal,  sehingga perguruan tinggi dapat menghasilkan, masyarakat akademisi yang  memahami teori beserta prakteknya.Dissemination of information and socialization about capital market in indonesia is considered very important role in the money market and to promote the role of indonesian economy. By the integrated programs aimed to improve and develop the public knowledge about the importance of having an investment early. Knowledge is not an exception was in college. As a center of information in the field of capital market is expected to provide information on whether users are at academic environment or for the society.