FEB UB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya) patut berbangga diri karena didapuk sebagai fakultas yang memiliki Jurusan Akuntansi dan Keuangan Terbaik Kedua di Indonesia. Hasil ini dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings by Subject 2013. QS World University Rankings adalah salah satu institusi yang menerbitkan daftar universitas peringkat dunia secara periodik selain Shao Jiao Tong University (SJTU), Webometrics, dan Times Higher Education Supplements (THES). QS World University Rankings dikelola oleh Quacquarelli Symonds Limited yang dalam melakukan pemeringkatan, menggunakan indikator reputasi akademik, kualitas sumber daya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas dan dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmunya.

JAFEB UB (Jurusan Akuntansi FEB UB) memang merupakan jurusan akuntansi  yang memiliki reputasi sangat baik di kancah Nasional. Hasil akreditasi dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi), semua program studi di JAFEB dari Strata 1 hingga Strata 3 telah mendapatkan hasil Amat Baik “A”. Terlebih lagi pada tahun 2012 juga mendapatkan akreditasi berskala internasional, yakni dari ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century Organisation). Jurnal-jurnal internasional karya mahasiswa maupun dosen JAFEB UB telah banyak diseminarkan dan dipublikasikan. Tak ketinggalan, karya-karya ilmiah kian produktif dihasilkan oleh keluarga besar JAFEB UB, yang tentunya berdampak bagi masyarakat. Kemudian ada pula program konsentrasi yang dapat dipilih oleh para mahasiswa dalam menempuh pembelajaran. Dengan begitu mahasiswa dapat memiliki nilai lebih di bidang akuntansi tertentu, misalnya Akuntansi Syariah. Selain itu, JAFEB UB juga memiliki keunikan yang khas yaitu multiparadigma dalam melakukan riset sehingga hasil riset mereka menjadi lebih berwarna.

“Tentunya yang tidak kalah penting adalah SDM (Sumber Daya Manusia) kita. Sekarang kita telah memiliki dua puluh orang Doktor dan enam diantaranya merupakan Guru Besar. Mereka merupakan orang-orang yang produktif”, ujar Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak, ketua JAFEB-UB. “Alhamdullilah, kita wajib bersyukur atas karunia Tuhan ini”, lanjut beliau. Manusia hanya bisa berusaha, hasil akhir tetaplah di tangan Tuhan. Akan tetapi JAFEB UB tidak boleh berpuas diri. Dengan capaian ini diharapkan akan mendorong prestasi menjadi lebih baik untuk menjadi yang terbaik. Prestasi ini sendiri tercapai berkat peran kolektif semua komponen di JAFEB-UB serta dukungan yang sangat kuat dari FEB UB. Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak. CA., dalam memberikan keterangan, tidak lupa mengucapkan terima kasih untuk seluruh pihak yang telah berperan serta dalam prestasi ini. “Terima kasih terhadap semua Civitas Akademika, Dosen, Tenaga Penunjang Akademik, Mahasiswa, Alumni, dan tentu saja secara khusus untuk pimpinan FEB UB.” Di masa kepemimpinan Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D., Ak. , FEB UB mengalami banyak perubahan yang berdampak positif untuk perkembangan FEB UB. Ketua JAFEB-UB juga berpesan, “Semoga capaian ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi mereka, baik ketika masih menjadi mahasiswa ataupun ketika telah menjadi alumni. Dan mereka mampu tetap produktif di bidang mereka masing-masing.” (azm/mir)

Sumber:
(1) Laporan QS World Ranking University by Subject 2013 (Download)
(2) Berita Kompas
(3) Berita FEB UB